Nama Pelatih Tersukses di Liga Champions

Seorang pelatih nantinya harus ikut bertanggung jawab cukup besar untuk dapat memenuhi setiap target yang nantinya akan rencanakan oleh pihak klub di awal musim. Bagi klub-klub besar sekelas Real Madrid, Barcelona, Bayern Munchen, Juventus dan juga tim lainnya. Tentu saja target utama adalah piala Major, termasuk salah satunya trofi Liga Champions Eropa.

Tapi, tidak pernah mudah untuk bisa mencapai target juara Liga Champions Eropa, meski pemain-pemain yang ada di dalam tim sudah sangat meyakinkan. Walau begitu tercatat dalam sejarah, pelatih-pelatih eropa terbaik yang berhasil sukses di ajang Liga Champions Eropa.

Nama Pelatih Tersukses di Liga Champions

Liga Champions sendiri merupakan sebuah kompetisi paling elite yang ada di persaingan level klub sepak bola Eropa. Dengan nama-nama baru mulai pada musim 1992-1993, kompetisi yang dulunya bernama Piala Champions ini menyajikan sebuah persaingan seru penuh drama.

Banyak pelatih yang legendaris yang berhasil menghiasi kompetisi yang satu ini. Beberapa pelatih tersebut diantaranya telah berhasil memenangkan kompetisi lebih dari satu ajang Liga Champions Eropa, siapa sajakah mereka ? Berikut ini, adalah pelatih tersukses dalam ajang Liga Champions Eropa.

Bob Paisley

Raksasa dari Liga Primer Inggris, Liverpool, merupakan salah satu dari kolektor gelar Liga Champions Eropa terbanyak yang ada di dalam sejarah, dimana total mereka sudah mengoleksi 5 gelar juara di dalam ajang tahunan tersebut. Nah, tiga diantaranya dimenangkan pada saat Bob Paisley bekerja sebagai manajer mereka, tepatnya masa tersebut terjadi di tahun 1977,1978 dan 1981 saat itu masih Liga Champions yang masih berformat lama, European Cup.

Carlo Ancelotti

Manajer asal Italia ini juga masuk ke dalam daftar 10 Nama Pelatih Tersukses yang ada di dalam ajang Liga Champions Eropa, sebagaimana diketahui jika Carlo telah mengoleksi tiga trofi Liga Champions sepanjang karirnya sebagai seorang manajer sepakbola. Dua diantaranya dimenangkan pada saat ia menangani AC Milan di tahun 2003 dan pada 2007, sedangkan satu gelar lainnya yang berhasil dimenangkan saat menangani Real Madrid di tahun 2014.

Ancelotti yang berhasil meraih trofi pertama bersama Milan pada musim 2002-2003. Menghadapi Juventus di Stadion Old Trafford, Rossoneri menang dengan adu penalti, 3-2. Empat musim kemudian, giliran Liverpool yang dikalahkan oleh Ancelotti dan Milan dengan skor 2-1.

Zinedine Zidane

Dan yang bisa dikatakan pelatih yang paling fenomenal dibandingkan pelatih lainnya adalah Zinedine Zidane, dianggap sebagai seorang pelatih bola fenomenal. Karena yang bersangkutan berhasil membawa Real Madrid meraih tiga gelar Liga Champions Eropa secara beruntun pada tahun 2016, 2017 dan 2018. Hebatnya lagi, Zidane yang pada saat itu baru memulai karirnya sebagai seorang pelatih sepakbola.

Di final 2016, Real Madrid yang pada saat itu berhadapan dengan sang rival sekota Atletico Madrid. Imbang 1-1 hingga extra time, Real Madrid lalu berhasil menang lewat sebuah adu penalti 5-3. Di final 2017, Real Madrid yang berhasil menghajar Juventus 4-1. Di final 2018, Real Madrid yang pada akhirnya menumbangkan Liverpool 3-1.

Kemenangan di final 2018 itu pada akhirnya membawa Zidane sejajar dengan Bob Paisley dan juga Carlo Ancelotti, sebagai pelatih dengan tiga gelar juara European Cup/Liga Champions. Zidane yang bahkan menjadi pelatih pertama yang menjuarai kompetisi ini dalam tiga edisi secara beruntun.

Jose Villalonga

Real Madrid yang tercatat sebagai tim dengan gelar liga Champions Eropa terbanyak di dalam sejarah, total mereka sudah berhasil memenangkan 13 gelar di dalam kompetisi tahunan ini, dan dua diantaranya berhasil diraih pada tahun 1957 dan 1957 di bawah arahan dari manajer asal Spanyol, Jose Villalonga.

Luis Carniglia

Setelah Villalonga yang kemudian didepak dari kursi manajer, usai membawa Madrid memenangi dua trofi dalam Liga Champions Eropa secara beruntun, klub menunjuk Luis Carniglia. Manajer asal Argentina ini kemudian berhasil kembali membawa los Blancos menjuarai ajang Liga Champions Eropa di tahun 1958 dan 1959.

Bela Guttmann

Lebih dari dua dekade terakhir ini, Benfica yang memang sulit bersaing untuk meraih gelar juara dalam ajang Liga Champions Eropa, bahkan raksasa Liga Portugal tersebut juga sangat kesulitan menembus babak gugur. Tapi di masa lalu, Benfica yang merupakan salah satu raksasa Eropa yang ditakuti. Bela Guttman pernah mengantarkan klub tersebut menjuarai ajang Liga Champions Eropa dua edisi beruntun, tepatnya di tahun 1961 dan 1962.

Helenio Herrera

Dalam sejarahnya, raksasa Serie A italia, Inter Milan yang telah berhasil memenangkan tiga gelar juara Liga Champions Eropa. Terakhir kali mereka berhasil memenangkannya di tahun 2010 silam. Saat mencatat treble winner pertama di bawah arahan dari Jose Mournho. Sebelumnya, Inter memenangkan dua gelar yang ada di bawah arahan pelatih asal Prancis, Helenio Herera di tahun 1964 dan juga 1965.

Miguel Munoz

Pelatih yang sukses menangani Real Madrid memang seperti jadi kesempatan yang sangat spesial bagi setiap pelatih sepakbola. Sebagaimana komposisi skuat yang dimiliki oleh Los Blancos selalu berhasil menghadirkan berbagai gelar-gelar juara. Tidak terkecuali bagi Miguel Munoz yang sukses mengantarkan Madrid meraih sebuah gelar Liga Champions yang ada di tahun 1960 dan 1966.

Nereo Rocco

AC Milan jadi salah satu klub Serie A italia dengan gelar Liga Champions terbanyak yang ada di dalam sejarah, dimana total mereka telah berhasil memenangkan tujuh gelar di dalam kompetisi tahunan tersebut. Dua diantaranya dimenangkan pada saat Nereo Rocco menjadi pelatih di tahun 1963 dan 1969.

Ottmar Hitzfeld

Ottmar Hitzfeld menjadi seorang pelatih pertama yang berhasil menjuarai ajang Liga Champions bersama dengan dua klub berbeda. Ia yang berhasil mempersembahkan gelar pertama untuk Bayern Munchen di era Liga Champions pada tahun 2001, empat tahun setelah melakukan hal yang sama dengan Borussia Dortmund. Pelatih berusia 71 tahun ini mempunyai karir yang cukup panjang dan mempesona di Bundesliga dan internasional.

Setahun setelah kalah dari Juventus di dalam lagi final Liga Champions 1996, pasukan Hitzfeld membalikkan keadaan di Bianconeri ketika Borussia Dortmund berseteru dengan juara bertahan di dalam pertandingan perebutan gelar pada musim selanjutnya.

Sir Alex Ferguson

Salah satu manajer paling legendaris di dalam ajang ini yaitu, Sir Alex Ferguson. Telah berhasil memenangkan banyak gelar selama hampir empat dekade karir manajernya. Sembilan tahun setelah memenangi treble kontinental bersama dengan Manchester United pada tahun 1999, arsitek asal Skotlandia itu berhasil memenangi gelar dalam Liga Champions keduanya. Setelah berhasil mengalahkan Chelsea di final serba Inggris di Moskow. Kemenangan Ferguson di ibu kota Rusia membuatnya menjadi seorang manajer tertua yang berhasil memenangkan Liga Champions, sebelum rekornya dipecahkan lima tahun kemudian.

Demikian itulah platih-platih terbaik yang paling sering menjuarai ajang liga Liga Champions Eropa. Nama-nama pelatih legendaris tersebut selalu diingat dalam ajang bergengsi tersebut.