Negara Paling Sering Juara Liga Champions

 

Kompetisi bergengsi yang ada di dalam ajang Liga Champions tentunya menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi klub-klub yang ada di benua Biru tersebut, untuk bisa mendapatkan sebuah gelar juara. Terlebih selain membanggakan tim, mereka juga akan membanggakan negaranya masing-masing di dalam ajang Liga Champions.

Namun, saat ini kompetisi Liga Champions masih dihentikan akibat penyebaran pandemi virus corona yang sekarang ini sudah semakin menyebar luas di daratan Eropa. Terlebih seperti negara Italia dan juga Spanyol yang menjadi negara terdampak paling besar pada saat awal mula pandemi covid ini muncul.

Negara Paling Sering Juara Liga Champions

Hal ini juga membuat kompetisi ini pada akhirnya berhenti sementara waktu. Selain menyebabkan kerugian karena tidak adanya pemasukan dari beberapa pihak untuk tim mereka. Ini juga menjadi sebuah kerugian tersendiri bagi negara-negara yang telah menjadi perwakilannya bermain di Liga Champions. Tetapi pihak dari UEFA sendiri sudah menentukan jika kompetisi Liga Champions ini akan diselenggarakan kembali.

Para tim akan bertanding sejak awal bulan Agustus 2020 mendatang. kali ini masih menyisakan beberapa pertandingan yang ada di leg kedua babak 16 besar. Lalu jika dilihat dari awal hingga terlaksananya Liga Champions, negara mana saja yang timnya bermain di kompetisi tersebut dan berhasil mendapatkan trofi dari si kuping besar ? Berikut ini, beberapa negara yang paling sering menjadi Juara Liga Champions Eropa.

Spanyol (18 kali Juara)

Perlu diketahui, jika Spanyol merupakan sebuah negara paling banyak yang berhasil mendapatkan gelar juara di dalam ajang Liga Champions. Terhitung negara ini sudah berhasil mengumpulkan 18 kali gelar juara dalam 27 penampilannya di dalam kompetisi bergengsi Eropa tersebut.

Tim perwakilan dari Spanyol yang selalu mendapatkan gelar juara Liga Champions juga masih didominasi oleh dua tim, yakni tim Real Madrid dan Barcelona. Kedua tim ini yang berhasil menjadi pesaing di negara-negara lainnya dalam kompetisi Liga Champions tersebut.

Real Madrid yang sudah berhasil memenangkan 13 kali gelar juara selama mengikuti ajang kompetisi bergengsi di daratan Eropa tersebut. Sedangkan, untuk negara Barcelona yang hanya berhasil mengumpulkan 5 gelar juara dalam delapan kali penampilannya di ajang Liga Champions.

Inggris (13 Kali Juara)

Negara Inggris merupakan negara yang kedua setelah negara Spanyol dalam memenangkan kompetisi Liga Champions selama kompetisi tersebut dilaksanakan. Dari semuanya, mereka sudah berhasil mengumpulkan 13 kali gelar juara dan hal tersebut tersebar di beberapa tim di negara ini.

Sampai saat ini, baru Liverpool yang sudah berhasil menyumbangkan gelar juara paling banyak, terhitung enam kali mereka yang sudah meraih trofi si kuping besar. Di Posisi kedua yang dipegang oleh Manchester United dengan tiga kali gelar juara Liga Champions. Lalu sisa gelar lainnya yang dipegang oleh tiga tim, seperti Nottingham Forest dengan dua gelar. Chelsea dan Aston Villa yang masing-masing mendapatkan satu gelar juara. Lalu yang masuk ke dalam babak final dan meraih runner-up seperti tim Tottenham Hotspur, Arsenal dan leeds United.

Italia 12 kali Juara

Italia yang berhasil menjadi negara ketiga yang berhasil mendapatkan gelar dari juara Liga Champions. Mereka berhasil memenangkan 12 kali gelar juara. Dengan dominasi dari tiga klub raksasa di Serie A Italia seperti AC Milan, Inter Milan, Juventus.

AC Milan yang masih menjadi klub yang berhasil berkontribusi cukup besar di dalam meraih kemenangan terbanyak di ajang Liga Champions dan merupakan perwakilan dari Italia. Rossoneri berhasil mengumpulkan tujuh kali trofi si kuping besar. Lalu yang kedua adalah tim Inter Milan, mereka telah berhasil meraih tiga kali gelar juara di dalam ajang Liga Champions pada tahun 1964,1965, dan 2010. Lalu di posisi terakhir yaitu dipegang oleh Juventus dengan dua kali meraih trofi mereka pada 1985 dan 1996.

Jerman (7 kali Juara)

Meski seringkali mendapatkan sebuah gelar juara, klub perwakilan dari negara Jerman ini tidak bisa menjadi dominasi di kanca Eropa. Mereka yang hanya mampu mempersembahkan tujuh kali gelar juara di dalam 17 penampilannya. Bayern Munchen yang berhasil menjadi klub pertama perwakilan Jerman yang berhasil mempersembahkan banyak sekali gelar juara Liga Champions untuk membanggakan negaranya. Mereka berhasil memenangkan lima kali trofi Si Kuping Besar dengan 10 kali penampilannya tersebut.

Lalu dua gelar lainnya yang di persembahkan oleh Hamburg dan Borusiia Dortmund yang masing-masing telah menyumbang satu gelar juara. Dominasi Bayern tidak hanya di dalam ajang Liga Champions, melainkan di dalam kejuaraan Bundesliga Jerman sendiri.

Belanda (6 kali Juara)

Dari urutan lima teratas, Belanda yang berhasil menjadi negara kelima menyumbangkan trofi gelar juara dalam ajang Liga Champions dengan mengumpulkan sebanyak 6 trofi SI Kuping Besar. Dari enam gelar tersebut, terdapat juga tiga tim yang berhasil menyumbangkannya.

Sampai saat ini Ajax Amsterdam menjadi salah satu klub yang paling banyak menyumbangkan gelar juara di ajang Liga Champions sejak digulirkannya kompetisi bergengsi Eropa tersebut. Mereka berhasil menyumbang sebanyak empat trofi. Setelah itu terdapat dua klub yang lainnya, yakni Feyenoord dan PSV Eidhoven. Masing-masing klub berhasil menyumbang satu gelar juara Liga Champions untuk negara Belanda.

Portugal

Dari segi popularitas, Primeira Liga Portugal memang tidak seheboh dengan Ligue 1, Serie A, Primera Division, bahkan Premier League. Namun, peran dari liga sepakbola di Portugal tidak bisa dianggap remeh. Buktinya, pemain-pemain bintang di Eropa merupakan “produk” Primeira Liga. Mereka, antara lain, seperti David Luiz, Thiago Silva, Hulk, Ramires, hingga Diego Costa. Luiz, misalnya. Sebelum karirnya menjulang hingga meraih kemenangan dalam Liga Champions bersama dengan Chelsea, dia yang merupakan bek tangguh Benfica. Pemain timnas Brasil tersebut menghabiskan empat musim di negeri semenanjung Iberia tersebut. Portugal menjadi negara yang juga berhasil memenangkan ajang Liga Champions.

Liga Champions Eropa memang merupakan sebuah kompetisi yang cukup prestisius yang tiap edisinya selalu diperebutkan sejumlah raksasa besar dari Eropa. Para jawara yang ada di liga masing-masing seperti Real Madrid, Barcelona, Manchester United, Bayern Munchen, dan beberapa klub lainnya.

Tekad kuat mereka untuk memenangkan trofi tahunan ini tidak hanya soal gengsi dan tingginya taraf dari turnamen tersebut saja, tapi juga keuntungan yang nantinya akan didapat lebih berlimpah. Tentu saja , sebagai penikmat olahraga yang satu ini, apalagi ajang Liga Champions Eropa, yang mempunyai hadiah yang cukup fantasist kepa para kontestan Liga Champions.

Demikian itulah beberapa negara-negara yang paling sering memenangkan ajang agen s128 dan Liga Champions. Beberapa tim besar dari negara tersebut berkontribusi besar sebagai juara ajang tahunan bergengsi tersebut. Liga Champions memang ajang yang selalu menarik untuk disaksikan, semoga pandemi saat ini cepat berakhir agar Liga Champions dapat kembali digelar.